Manfaat Apel Malang dan Manalagi, Jenis Apel Asli Indonesia

Kata Fatih - Buah lokal asli Indonesia dikenal memiliki cita rasa dan kandungan gizi yang tak kalah bagus dengan buah impor. Salah satunya buah apel yang menjadi komoditi besar ditanah air. Adapun jenis apel lokal yang paling terkenal apalagi kalau bukan apel malang dan apel manalagi. 

Keduanya tidak hanya memiliki cita rasa yang manis dan segar, namun kandungan gizinya sangat baik untuk kesehatan. Tapi, apa saja ya manfaat apel malang dan apel manalagi yang sebaiknya Anda ketahui? Supaya tidak penasaran, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Apel Malang

Apel malang mengandung nutrisi seperti fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin B. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan polifenol. Sejumlah kandungan tersebut membuat apel malang memiliki manfaat sebagai berikut. 

1. Melancarkan Pencernaan

Kandugan serat dalam buah apel terkenal cukup tinggi. Serat dapat membuat sistem pencernaan lebih lancar sehingga terhindar berbagai penyakit. Salah satunya adalah konstipasi atau sembelit yang disebabkan kekurangan serat dan air. 

Manfaat apel malang yang satu ini memang jarang diketahui orang. Padahal dengan pencernaan yang sehat, aktivitas sehari-hari pun jadi lebih lancar. 

2. Membuat Jantung Sehat

Jantung menjadi salah satu organ vital yang kesehatannya harus dijaga. Pada dasarnya, ada banyak faktor yang membuat kesehatan jantung terganggu. Jarang olahraga dan pola makan tidak sehat dapat menyebabkan resiko penyakit jantung lebih tinggi. 

Tidak hanya dengan rajin berolahraga, disarankan pula mengkonsumsi buah apel secara rutin. Buah apel ini mengandung senyawa polifenol yang ampuh menangkal radikal bebas. Dengan demikian, Anda pun akan lebih terhindar dari resiko berbagai penyakit kardiovaskular. 

3. Mengendalikan Berat Badan

Kandungan serat dalam buah apel malang tidak hanya bisa melancarkan pencernaan. Melainkan bisa menurunkan berat badan dengan mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu, buah ini bisa mengontrol kadar lemak dengan baik karena kandungan fitonutrien di dalamnya. 

Manfaat Apel Manalagi

Suhu udara dingin dan curah hujan tinggi di Malang membuat apel manalagi memiliki warna kulit sedikit berbeda dibanding apel lain. Apel jenis ini memiliki warna kuning agak pucat, tidak berwarna merah seperti apel biasanya. 

Apel manalagi mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, dan beta karoten. Kadar air di apel ini juga cenderung lebih sedikit. Lalu, apa saja manfaat apel dengan nama latin Malus sylvestris ini? 

1. Mengurangi Risiko Berbagai Penyakit Kanker

Kandungan fitonutrien di dalam apel dikenal melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker usus dan paru-paru. Selain itu, kandungan antioksidan flavonoid di dalamnya ampuh mencegah penyakit kanker pankreas. 

Jika rutin mengkonsumsi buah ini, risiko kanker payudara dan kadar kolesterol tinggi pun dapat diturunkan sampai 20% lho. 

2. Meningkatkan Sistem Imunitas

Apel manalagi memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu flavonoid. Antioksidan ini efektif menangkal radikal bebas dan mengatasi tekanan oksidatif di dalam tubuh. 

Dengan mengkonsumsi buah kaya antioksidan, Anda akan lebih terhindar dari berbagai jenis penyakit kronis. 

3. Mengatasi Penyakit Pernapasan

Antioksidan dalam buah apel ini tidak hanya menangkal radikal bebas. Rutin mengkonsumsi buah ini akan mencegah kerusakan sel tubuh. 

Tidak hanya itu, organ pernapasan seperti paru-paru juga akan lebih terlindung dari kerusakan oksidatif. Dengan demikian, resiko penyakit pernapasan seperti asma pun dapat diturunkan. 

Berbagai macam manfaat buah apel lokal di atas memang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Tidak perlu bingung mencari buah apel malang dan manalagi, kini di Tanihub lebih mudah mencari buah segar dan berkualitas.

Posting Komentar untuk "Manfaat Apel Malang dan Manalagi, Jenis Apel Asli Indonesia"