Tips Sukses Memulai Bisnis Minimarket dengan Modal Terjangkau

tips memulai bisnis minimarket dengan modal terjangkau
source: blog-media.lifepal.co.id

Sekarang ini, bisnis minimarket terbilang sangat menjanjikan. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup masyarakat yang mulai beralih ke minimarket modern untuk membeli atau berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Kamu bisa memanfaatkan kepadatan penduduk yang ada di sekitar tempat tinggalmu untuk membuka bisnis minmarket. Akan tetapi, kompetitor mulai dari minimarket mandiri hingga jenis waralaba (franchise) juga sudah banyak. Jadi, kamu harus memutar otak agar bisnismu bisa masuk dalam persaingan.

Dilansir https://ritaelfianis.id/, berikut ini cara atau tips sukses memulai bisnis minimarket dengan modal yang terjangkau. Simak baik-baik, ya!

Pilih Minimarket Mandiri atau Waralaba (Franchise)

Sebagian orang terkadang lebih memilih mendirikan usaha minimarket secara mandiri, karena bisa menentukan konsep dan nama sendiri. Namun, jika ingin yang lebih terjangkau, kamu bisa membuka usaha minimarket dengan sistem waralaba atau franchise minimarket yang menawarkan kerja sama.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan membuka bisnis minimarket model franchise ialah kemudahan yang ditawarkan seperti konsep, pemasaran, brand yang sudah dikenal publik dan modal yang tentunya relatif lebih murah. Kamu cukup memberikan biaya tertentu yang dipotong dari profit penjualan produk.

Buatlah Perencanaan Bisnis Minimarket

Jika kamu memutuskan untuk memulai bisnis minimarket dengan brand sendiri, hal yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana bisnis. Bisa dimulai dengan menentukan nama, struktur bisnis semacam PT, CV atau usaha pribadi.

Langkah selanjutnya, buatlah daftar barang yang akan kamu tawarkan serta perkiraan dana yang diperlukan dalam menyediakan barang-barang tersebut.

Siapkan Modal

Modal awal yang kamu butuhkan untuk mendirikan usaha minimarket mandiri tergantung dengan harga pokok penjualan yang digunakan untuk mendirikan usaha tersebut.

Kisarannya antara Rp50.000.000 hingga Rp1.000.000.000. Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan pembukaan bisnis minimarket dan juga besaran biaya yang dibutuhkan.

Siapkan Legalitas

Kamu pun harus memahami dan memenuhi persyaratan hukum yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat.

Di Indonesia, terdapat beberapa izin yang harus kamu punya, seperti surat izin gangguan, surat keterangan domisili perusahaan, surat pendaftaran apabila kamu membeli lisensi waralaba, SIUP dan sebagainya.

Pilih Lokasi yang Tepat untuk Minimarket

Lokasi juga menjadi salah satu hal yang perlu kamu perhatikan. Lokasi ideal untuk mendirikan minimarket ialah yang mudah ditemukan seperti di sekitar daerah perumahan, tempat kost, daerah dekat fasilitas umum (terminal, stasiun) atau komplek perkantoran.

Untuk menentukan lokasi toko, kamu bisa melakukan survei kecil-kecilan atau mencari informasi langsung ke Dinas Koperasi setempat. Pastikan pula kondisi tempat yang kamu pilih memiliki fasilitas untuk parkir kendaraan.

Sediakan Perlengkapan

Kamu wajib menyediakan dana khusus untuk mendapatkan berbagai keperluan pendukung untuk membuka toko. Mulai dari mesin kasir, rak barang-barang, kulkas display minuman dan lain-lain.

Namun, apabila kamu membeli lisensi minimarket dengan sistem franchise, maka tidak perlu pusing menyediakan kebutuhan tersebut. Karena seluruh kebutuhan sudah disiapkan oleh perusahaan induk.

Itulah beberapa tips sukses memulai bisnis minimarket dengan modal terjangkau. Jika ingin tahu lebih banyak tentang tips-tips memulai bisnis lain atau internet marketing, silakan kunjungi situs Ritaelfianis.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Memulai Bisnis Minimarket dengan Modal Terjangkau"