5 Cara Menjadi Orang yang Sukses Menurut Al – Qur’an

cara menjadi orang sukses menurut Al Quran
source: tstatic.net

Dalam agama Islam, sukses mencakup yang yang sangat luas. Mulai dari sukses di pekerjaan atau finansial, sukes menjadi orang yang bermanfaat dan membantu orang lain, sukses dalam hal mengendalikan hawa nafsu diri sendiri, hingga sukses menjalankan segala perintah dari Allah SWT.

Ketika berhasil melewati berbagai ujian dan mampu menjadi manusia yang lebih tinggi derajatnya di mata Allah SWT, bisa dibilang juga merupakan suatu kesuksesan. Pada hakikatnya, sukses menurut Islam adalah kebahagiaan yang sifatnya kekal.

Jadi, tidak hanya merasakan kebahagiaan di dunia, melainkan juga di akhirat nantinya. Menurut ustadz.my.id, cara menjadi sukses sudah terdapat dalam Al – Qur’an. Oleh karena itu, sudah sepatutnya umat Muslim mengimani Al – Qur’an sebagai pedoman hidup.

Berikut ini adalah beberapa cara menjadi orang sukses menurut Al – Qur’an yang harus Anda ketahui. Simak sampai tuntas, ya!

Memulai dengan Ilmu

Cara pertama menjadi orang sukses menurut Al – Qur’an adalah dengan memiliki ilmu atau berilmu. Orang yang berilmu akan menjadi orang sukses yang mampu memanfaatkan ilmunya untuk kebaikan dan hal-hal yang bermanfaat

Jika Anda ingin sukses, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah menuntut ilmu setinggi-tingginya. Sebagaimana dalam QS. Al – Alaq ayat 5 yang memiliki arti, “Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Niatkan karena Allah

Dalam melakukan segala sesuatu, sudah sewajarnya jika hal yang Anda lakukan diniatkan kepada Allah. Termasuk apabila Anda menginginkan sebuah kesuksesan.

Asalkan memiliki niat yang lurus hanya kepada Allah dan melakukan segala amal perbuatan yang baik, Insya Allah Allah SWT akan membalas semua amalan Anda dengan mengabulkan permintaan.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. An – Nahl ayat 97 yang memiliki arti, “Barangsiapa mengerjakan amal saleh dalam keadaan beriman, maka Kami akan berikan kepadanya kehidupan yang baik dan pahala yang jauh lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.”

Berdoa

Usaha tanpa doa seperti sayur tanpa garam. Artinya, doa akan menjadi pelengkap semua usaha yang sudah Anda lakukan. Doa juga merupakan sebuah wujud bahwa Anda melibatkan Allah dalam setiap harapan.

Dengan menjalankan doa yang sungguh-sungguh, maka ini akan menjadi salah satu jalan untuk meraih kesuksesan. 

Sebagaimana dalam QS. Al – Baqarah ayat 186 yang artinya, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasannya Aku adalah dekat. Aku akan mengabulkan permohonan orang yang berdoa, apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintah-Ku), dan hendaklah mereka beriman kepada-ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Berubah Jadi yang Lebih Baik

Cara selanjutnya untuk mencapai kesuksesan ialah mengawali dengan mengubah diri sendiri menjadi yang lebih baik. Ubahlah setiap kebiasaan buruk Anda menjadi kebiasaan yang baik.

Contohnya, Anda sering mengeluh atau merasa pesimis, maka ubah kebiasaan tersebut menjadi lebih optimis dan selalu semangat dalam mencapai kesuksesan. 

Sebagaimana firman Allah dalam QS. Ar – Rad ayat 11 yang memiliki arti, “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sampai kaum itu sendiri yang mengubah keadaan yang ada pada dirinya.”

Bersyukur

Menjadi orang yang bersyukur juga termasuk salah satu cara menjadi sukses menurut Al – Qur’an. Dengan bersyukur, Anda akan merasa lebih bersemangat dalam menjalani langkah-langkah menuju kesuksesan, serta terhinda dari keputusasaan.

Yakinilah bahwa dengan semakin banyak bersyukur, maka semakin banyak pula nikmat yang akan Allah SWT limpahkan kepada Anda.

Sebagaimana dalam QS. Ibrahim ayat 7 yang artinya, “Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan; ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu. Dan jika kamu mengingkarinya (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih’.”

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara menjadi orang yang sukses menurut Al – Qur’an. Jika ingin mengetahui cara menjadi sukses menurut Al – Qur’an yang lebih lengkap, silakan kunjungi laman atau situs blog ustadz.my.id.

Menggunakan istilah Ustadz, karena website ini akan membantu Anda belajar mengenai agama Islam dengan cara yang komprehensif. Seperti yang dilakukan ustadz-ustadz pada umumnya. 

Seluruh artikel yang ditulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan diambil dari berbagai sumber yang terpercaya, sehingga tidak perlu khawatir dengan kualitas tulisannya.

Ingin lebih mengenal Islam dengan cara yang mudah? Yuk kunjungi ustadz.my.id dan perkaya wawasan Anda mengenai Islam!

Posting Komentar untuk "5 Cara Menjadi Orang yang Sukses Menurut Al – Qur’an"