4 Jenis Behel Gigi yang Sering Dipakai Beserta Harganya

jenis behel gigi dan harganya
source: mommyasia.id

Behel gigi atau kawat gigi bukan lagi hal yang asing bagi banyak orang. Selain memberikan manfaat kesehatan, seperti merapikan gigi yang tidak sejajar, behel juga menjadi solusi estetika untuk meningkatkan penampilan senyum.

Artikel kali ini akan membahas perkiraan harga behel gigi berdasarkan jenisnya yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang. Yuk langsung disimak!

Behel Metal

Behel metal atau behel konvensional merupakan jenis yang paling umum dan terjangkau. Terbuat dari stainless steel berkualitas tinggi, behel ini efektif untuk merapikan gigi yang tidak sejajar.

Di klinik gigi, pemasangan behel ini dilakukan dengan menahan kabel baja menggunakan bracket metal pada bagian gigi.

Harga behel metal biasanya berkisar antara 4 juta hingga 10 juta rupiah, tergantung pada kompleksitas kasus ortodonti.

Behel Ceramic

Selanjutnya, ada behel ceramic yang termasuk dalam jenis-jenis behel transparan dan mulai sering dipakai oleh konsumen. Behel ini cenderung memiliki warna putih susu atau putih gading.

Fungsinya sama seperti behel metal, yang membedakan hanya dari sisi estetika saja. Untuk harga pemasangannya, berkisar mulai dari harga 8 jutaan rupiah.

Behel Lingual

Jenis behel satu ini memiliki bentuk dan bahan yang hampir serupa dengan behel metal. Hanya saja dari segi biaya, behel jenis lingual jauh lebih mahal dikarenakan proses pemasangan oleh dokter gigi memiliki kerumitan yang berbeda dengan pemasangan behel jenis lainnya.

Behel lingual dipasang pada bagian belakang gigi sehingga penggunanya tidak terlihat memakai behel. Harga pemasangannya sendiri menyentuh angka 20 juta sampai 75 juta rupiah.

Behel Self Ligating Braces

Behel Self Ligating Braces sangat unik karena tidak menggunakan karet untuk menahan kawat. Justru, behel ini sudah dilengkapi dengan sistem ‘buka tutup’ tersendiri, sehingga kawat behel tetap berada di tempatnya.

Jenis behel self ligating braces terdia dalam dua jenis bahan, yakni metal dan transparan. Behel ini dianggap minim rasa sakit dan tidak membutuhkan perawatan yang kompleks seperti behel pada umumnya.

Hal itulah yang membuat biaya pemasangannya cenderung mahal, berkisar di angka 12 juta sampai 17 juta rupiah, bahkan bisa mencapai harga puluhan juta.

Itulah jenis-jenis behel gigi yang sering dipakai beserta harga pemasangannya. Sebelum melakukan pemasangan, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter yang bertugas di klinik SATU Dental.

Prosedur layanan behel gigi di SATU Dental dimulai dari konsultasi dengan dokter gigi berpengalaman, kemudian dilakukan pembersihan gigi atau scaling dan terakhir pemasangan behel sesuai pilihan di antara jenis behel gigi yang disediakan.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman satudental.com atau langsung kunjungi klinik gigi terdekat SATU Dental untuk mendapatkan perawatan terbaik. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "4 Jenis Behel Gigi yang Sering Dipakai Beserta Harganya"