Mengenal Beberapa Ragam Kucing yang Populer di Indonesia

Kata Fatih - Kucing sebagai binatang peliharaan memang masih menjamur di banyak negara, tak terkecuali di Indonesia ini. Binatang yang identik dengan bulu yang lembut, mata yang indah dan menggemaskan ini memang mempunyai daya tarik sendiri bagi para pecinta kucing. Anda yang mengaku pecinta kucing tentu hafal ragam ras kucing yang ada di dunia, khususnya di Indonesia ini.

Ragam ras kucing memang cukup banyak, namun pada pembahasan kali ini kita akan mengenal tentang beberapa jenis kucing yang populer di Indonesia. 

Kucing Persia

Kucing Persia menjadi kucing terpopuler di Indonesia. Anda tentu sudah sangat hafal dengan karakter kucing ini. Kucing Persia mempunyai bulu panjang, wajah bulat dan bertubuh pendek. Ciri lain terletak pada bulunya yang sangat tebal. Lebih dari itu, kucing Persia ini bisa hidup di lingkungan terbuka. Jadi Anda tidak perlu menempatkan kucing di kandang sepanjang waktu. Meski begitu pastikan Anda tetap menyediakan makanan dan minuman di kandangnya ya.

Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya masuk pada deretan kucing populer di Indonesia. Ciri khas dari Persia Himalaya ini adalah muka comong atau hitam yang terdapat di sekitar muka serta bulu cokelat pada tubuhnya. Kucing ini merupakan hasil persilangan antara kucing Persia dan Siamese. Persilangan ini dimaksudkan agar bisa memperoleh kucing yang ‘seperti’ persia tapi berbulu corak layaknya kucing Siamese. 

Untuk karakteristik tubuhnya, si kucing Persia Himalaya ini bertubuh besar, bulat, gemuk dan padat. Akan tetapi kakinya pendek, serupa dengan kucing Persia. Beruntungnya bagi Anda yang memelihara kucing jenis ini, sebab Persia Himalaya tidak suka bermalas – malasan, cerdas, komunikatif dan cukup aktif, dengan begitu kucing akan sangat senang diajak bermain. 

Kucing Anggora

Kucing Anggora juga menjadi salah satu kucing terpopuler di Indonesia. Ya, siapa yang tak kenal dengan kucing yang imut ini. Kucing yang berasal dari Turki ini merupakan salah satu kucing ras alami dan sudah berusia cukup tua. Anggora khas dengan bulu yang panjang serta lebat menggembung. Uniknya, tubuh Anggora ini ramping, namun tidak terlihat sebab tertutup oleh bulu badannya yang panjang dan lebat.

Kucing Maine Coon

Ragam ras kucing yang populer di Indonesia selanjutnya adalah kucing Maine Coon. Kucing ini lekat dengan predikat kucing salju. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab si Maine Coon ini mempunyai bulu yang sangat tebal, bahkan bulu – bulu tersebut anti air.

Kucing ini bisa bertahan hidup dan mudah beradaptasi di lingkungan dengan cuaca ekstrim. Si kucing salju yang menjadi nenek moyang ras anggora ini berasal dari Maine, Amerika Serikat. Kucing jenis ini sangat senang ‘ndusel – ndusel’ dengan pemiliknya. Uniknya lagi, si kucing salju ini hobi tidur di pangkuan dan aktif bermain. 

Kucing Russian Blue

Nama Russian Blue adalah nama baru bagi kucing ini. Nama sebelumnya adalah Russian Shorthair, dan kemudian diganti pada tahun 1934. Ciri khas kucing ini adalah, tubuh berukuran medium, bulu pendek, serta struktur tulang yang bagus. 

Kucing Russian Blue ini semakin cantik dengan warna bulu kebiruan lengkap dengan nuansa silver yang terdapat pada ujung setiap bulunya. Sayangnya, kucing Russian Blue dikenal dengan kucing yang pemalu, terlebih ketika bertemu orang baru. Meski demikian, kucing ini begitu setia dengan pemiliknya.

Kucing Kampung

Kucing lokal asli Indonesia ini disebut sebagai kucing kampung. Hal ini karena kucing ini sangat mudah ditemukan di lingkungan tempat tinggal. Kucing jenis ini tidak hanya bisa dipelihara saja, sebab ragam ras kucing jenis ini bisa dibilang sebagai kucing liar. Jadi nilai kemandirian untuk kucing kampung bisa dibilang yang paling tinggi, sebab kucing kampung terbiasa hidup liar. Bahkan untuk daya tahan tubuhnya pun patut diacungi jempol. 

Demikian tadi beberapa jenis dari sekian banyak ragam ras kucing yang populer di Indonesia. Setiap kucing memiliki ciri khas masing – masing, namun semuanya tetap menjadi kucing yang lucu, imut dan menggemaskan. Jadi mana kucing favorit Anda? Jenis ras kucing apapun itu, pastikan Anda merawatnya dengan sepenuh hati ya.

Posting Komentar untuk "Mengenal Beberapa Ragam Kucing yang Populer di Indonesia"