Cara Menanam Tanaman Porang yang Baik dan Tepat

cara menanam porang

Kata fatih - Tanaman porang akhir-akhir ini meningkat popularitasnya. Apalagi di masa pandemi seperti ini, menanam porang dapat mengisi waktu luang Anda di rumah. Akan tetapi, sudah tahu belum apa itu tanaman porang?

Porang adalah tanaman herbal yang dapat tumbuh mencapai ketinggian 1,5 meter. Amorphophallus muelleri ini adalah penghasil umbi yang banyak ditemukan di hutan tropis. Tanaman ini juga kaya manfaat serta mudah untuk dibudidayakan.

Sudah tertarik untuk mulai menanam? Eits, pastikan dulu apakah Anda memiliki lahan yang cukup dan memenuhi syarat media tanamnya. Jika sudah, Anda bisa membeli bibit porang melalui orang yang jual porang Jawa Timur. Kemudian, yuk intip cara menanam porang di ulasan berikut ini! 

Syarat Tanaman Porang Dapat Tumbuh

Porang membutuhkan tingkat keasaman tanah sebesar pH 6-7, dengan kondisi tanah yang gembur dan tidak tergenang air. Jika ingin tumbuh lebih bagus lagi, Anda bisa menanam porang di tanan yang memiliki kandungan pasir yang tinggi.

Tanaman porang memerlukan naungan supaya tumbuh dengan baik dan memiliki tingkat persentase kerapatan minimal 40%. Pohon jati, mahoni, dan sono merupakan pohon yang cocok dijadikan naungan untuk tanaman satu ini. 

Pembibitan Tanaman Porang

Cara menanam porang dapat dilakukan dengan dua cara, yakni generatif dan vegetatif. Apabila Anda memilih menggunakan teknik generatif, maka lakukan pembibitan di dalam polybag terlebih dulu. Namun, jika memilih metode vegetatif, pembibitan tidak perlu dilakukan sebab menggunakan teknik umbi atau katak.

Berikut beberapa teknik yang umumnya digunakan untuk mengembakbiakkan tanaman porang. 

  • Katak atau Bintil, 
  • Buah atau Biji, dan 
  • Umbi. 

Menanam Tanaman Porang yang Tepat

Sebaiknya, Anda menanam porang di saat awal musim hujan, sekitar bulan Oktober sampai Desember. Lahan terbaik untuk menanam porang adalah lahan terbuka karena mampu menghasilkan jumlah lebih besar dengan kualitas yang tinggi. 

Pemeliharaan Tanaman Porang
Anda harus melakukan perawatan yang intensif apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Begini cara memeliharanya. 

  • Melalukan penyiangan rutin 
  • Penjarangan 
  • Mengendalikan hama yang menyerang tanaman 

Tahapan Memanen Tanaman Porang

Ketika sudah mencapai usia 2 tahun, Anda dapat memanen hasil tanaman porang dan menjualnya ke pengepul porang Jawa Timur. Biasanya, umbi yang siap panen memiliki berat mencapai 1 kg. Sedangkan umbi yang masih kecil, Anda biarkan saja untuk dipanen pada tahun selanjutnya.

Jika tadi menanam porang lebih baik pada musim hujan, kalau untuk memanen prang sebaiknya dilakukan pada musim kemarau. Satu pohon porang biasanya dapat menghasilkan 2 kg.

Nah, itu tadi cara menanam porang yang baik dan tepat. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai budidaya porang. Lumayan ‘kan, bisa dijadikan bisnis sampingan yang menghasilkan tambahan uang. Jadi, siapkah Anda untuk menanam porang?

Selamat mencoba, ya!

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Tanaman Porang yang Baik dan Tepat"

List Blog Keren Rajabacklink