Info SehatQ, Masalah Kesehatan Akibat Infeksi Cacing Kremi


Infeksi cacing kremi merupakan salah satu yang wajib diwaspadai karena jenis parasit ini bisa menyerang usus besar manusia meski ukurannya sangat kecil. Saat terjadi infeksi yang disebabkan cacing kremi biasanya muncul gatal-gatal, nyeri hingga ruam pada anus.

Cacing bisa muncul lewat seseorang atau benda yang sudah terkontaminasi dengan cacing. Warna telur cacing kremi ini bisa masuk ke dalam tubuh lewat mulut dan hidung. Telur cacing kremi akan menetas di saluran pembuangan dan tentu saja merasakan. Jika anda terinfeksi oleh cacing kremi maka akan mengalami beberapa masalah kesehatan seperti berikut. 

1. Insomnia

Infeksi cacing kremi yang menyerang tentu saja bisa menyebabkan seseorang insomnia apabila cacing tersebut berkembang biak di dalam usus. Aktivitas cacing kremi dalam tubuh menyebabkan gatal terus menerus dan hal ini terjadi ketika menjelang tidur.

Wajar saja jika anda insomnia karena sulit tidur akibat aktivitas cacing kremi yang ada di tubuh. Maka dari itu tidak heran banyak orang yang menyebutkan bahwa insomnia banyak disebabkan oleh infeksi cacing jenis kremi. 

2. Berat Badan Berkurang

Selanjutnya cacing kremi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lain seperti berat badan berkurang. Cacing kremi menjangkiti tubuh maka anda akan kehilangan nafsu makan. Hal ini bisa terjadi terus-menerus karena cacing merusak jaringan pencernaan an yang telah mengalami iritasi.

Pada anak kecil gejala cacing kremi bisa dilihat dari tubuhnya yang makin kurus dan perut anak membuncit. Jika ini terlihat pada anak anda, maka langsung konsultasikan ke dokter atau klinik terdekat. 

3. Pusing Dan Mual

Cacing kremi menyerang tubuh dengan cara menularkan ke tubuh. Jika hal ini terjadi maka anda bisa mengalami pusing dan mual diakibatkan sistem pencernaan mengalami iritasi dan peradangan. Bahkan anda bisa saja muntah jika infeksi mulai parah.

Cacing kremi yang dibiarkan dalam tubuh, bisa menyebabkan stress akibat saraf bagian kepala terasa tegang. Maka dari itu perlu pencegahan agar cacing kremi tidak menular ke dalam tubuh. 

4. Merusak Dinding Usus

Kemunculan cacing kremi dan berkembang biak di tubuh ternyata bisa merusak dinding usus. Pertama, ketika cacing masuk ke dalam usus halus dan lambung serta mengarah ke pembuluh darah. Cacing kremi yang menyerang tubuh juga bisa masuk ke arteri jantung sampai jaringan paru-paru. Untuk itu maka anda wajib melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas agar penularan cacing kremi tidak bisa terjadi lewat mulut.

5. Peradangan Pada Miss V

Infeksi cacing kremi pada wanita juga cukup meresahkan. Hal ini bisa menyebabkan gatal pada area anus di malam hari. Infeksi ini juga bisa meluas ke bagian Miss V jika telur-telur cacing kremi mulai berpindah dan menyebabkan gatal serta peradangan.

Cacing kremi bisa memicu kerusakan ringan pada bagian dinding Miss V. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan karena bisa membuat kerusakan pada Miss V semakin parah. 

Infeksi cacing kremi tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika anda merasakan berbagai gejala yang muncul akibat cacing kremi maka langsung konsultasi ke dokter atau datangi puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh cacing kremi, maka bisa kunjungi website resmi dari SehatQ. Anda bisa kunjungi SehatQ baik melalui website maupun aplikasi. Semoga bermanfaat, Sahabat!

Posting Komentar untuk "Info SehatQ, Masalah Kesehatan Akibat Infeksi Cacing Kremi"

List Blog Keren Rajabacklink