Inilah 5 Perbedaan Sekolah Internasional vs Sekolah Nasional

sekolah internasional vs sekolah nasional

Kata Fatih - Sistem pembelajaran makin tumbuh dengan terdapatnya kurikulum berstandar internasional. Tidak seluruh sekolah mempraktikkan kurikulum ini melainkan cuma sekolah tertentu saja semacam sekolah internasional yang memakai standar tersebut. Pada sekolah internasional biasanya mempraktikkan kurikulum luar semacam Cambridge International, Edexcel, ataupun Baccalaureate.

Keberadaan sekolah internasional terus menjadi banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Sekolah internasional menawarkan sistem pembelajaran yang berbeda dari mayoritas sekolah nasional yang mempraktikkan sistem kurikulum berstandar nasional.

Walaupun bersama selaku lembaga pembelajaran, tetapi terdapat perbandingan di antara sekolah internasional serta sekolah nasional. Berikut ini sebagian perbandingan sekolah internasional dengan sekolah nasional.

Kurikulum

Kurikulum sekolah internasional biasanya mengacu pada kurikulum semacam Cambridge Assessment International Education, Edexcel ataupun International Baccalaureate (IB). Buat dapat memperoleh label sekolah internasional wajib menemukan sertifikasi formal dari lembaga yang bersangkutan.

Tidak cuma itu, penetapan sekolah berstandar internasional pula wajib membiasakan dengan tenaga pengajar serta sarana yang terdapat. Sedangkan itu, sekolah nasional baik sekolah negara ataupun swasta merupakan sekolah yang memakai sistem kurikulum nasional yang diresmikan oleh pemerintah lewat Departemen Pembelajaran serta Kebudayaan.

Aspek yang ditonjolkan dari kurikulum berbasis nasional antara lain terpaut pengetahuan, keahlian serta perilaku. Kurikulum juga dapat dimasukkan dalam promosi sekolah agar para wali murid tahu, apa kurikulum yang diterapkan oleh sekolah, sehingga akan mempertimbangkan keputusan mereka untuk menyekolahkan anak mereka di sekolah tersebut.

Sistem Pembelajaran

Sekolah internasional membagikan pilihan-pilihan mata pelajaran yang dapat diambil siswa- siswi buat pengembangan keahlian mereka. Kurikulum internasional lebih menuntut kanak- kanak jadi lebih kreatif serta aktif. Tidak hanya itu, orientasi sekolah internasional pula lebih mengedepankan pada proses bukan hasil.

Sedangkan itu, sebagaimana yang Kita ketahui, sekolah berstandar nasional pula mempunyai banyak mata pelajaran. Tidak hanya ilmu tentu serta ilmu bahasa, terdapat pula ilmu lain semacam pembelajaran seni, ilmu sosial, berolahraga, serta keahlian.

Pada prakteknya, siswa-siswi wajib memahami bermacam- macam mata pelajaran serta seluruh hendak diuji selaku evaluasi akhir untuk para siswa.

Bahasa Pengantar

Perbandingan mencolok lain antara sekolah internasional dengan sekolah berstandar nasional merupakan bahasa pengantar. Di sekolah internasional biasanya memakai bahasa asing selaku bahasa pengantar.

Bahasa asing yang dipakai semacam bahasa Inggris, bahasa Mandarin, ataupun bahasa dari sebagian negeri Eropa. Sedangkan di sekolah nasional, bahasa pengantar yang digunakan merupakan bahasa Indonesia. Perihal ini sudah cocok dengan kurikulum yang diresmikan pemerintah.

Fasilitas

Dari sisi sarana, sekolah internasional terbilang lebih baik dari sekolah nasional. Biasanya, ruang belajar sekolah internasional dilengkapi dengan sarana AC, perpustakaan dengan buku-buku yang lengkap, fasilitas berolahraga, food court selaku kantin, serta tempat- tempat spesial yang mendukung keahlian yang lain.

Sebaliknya buat sekolah nasional misalnya sekolah negara, sarana yang disediakan membiasakan dengan anggaran dana pembelajaran dari pemerintah. Sarana yang disediakan antara lain fasilitas berolahraga (lapangan), kantin, perpustakaan, serta perlengkapan kesenian.

Ada pula sekolah swasta berbasis kurikulum nasional pula sediakan sarana dari dana yang didapat dari yayasan serta iuran pembelajaran siswa.

Tenaga Pengajar

Buat tenaga pengajar ataupun guru di sekolah internasional biasanya mempunyai kompetensi yang pasti membiasakan dengan kurikulum sekolah.Tidak seluruh guru di sekolah internasional berasal dari luar negara. 

Apalagi terdapat sekolah internasional yang cuma terdapat satu guru asing, selebihnya guru asal Indonesia. Sebaliknya guru di sekolah nasional baik negara ataupun swasta biasanya berasal dari dalam negara.

Tidak hanya itu, kompetensi guru di sekolah nasional pula membiasakan dengan kurikulum yang berlaku.

Posting Komentar untuk "Inilah 5 Perbedaan Sekolah Internasional vs Sekolah Nasional"