Mengenal Berbagai Perangkat Kasir yang Berguna Untuk Bisnis Anda

Perangkat kasir merupakan alat yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Bagaimana tidak? Alat ini sangat berpengaruh pada proses transaksi yang terjadi dalam bisnis. Maka dari itu, dalam memilih perangkat kasir terbaik, Anda tidak boleh sembarangan.

Sebelum bisa menentukan produk terbaik untuk pengelolaan transaksi bisnis Anda, Anda perlu mengetahui perangkat apa saja yang umumnya ada untuk menunjang pekerjaan bagian kasir. Simak penjelasan berikut ini sampai akhir, ya! 

Aplikasi Kasir

Ada banyak software atau aplikasi kasir yang sekarang beredar di pasaran. Aplikasi ini bertujuan untuk membuat operasional usaha lebih efisien. Oleh sebab itu, semua kegiatan manual yang menghabiskan banyak waktu bisa Anda minimalisir.

Aplikasi kasir memiliki fitur beragam yang bisa Anda sesuiakan dengan kebutuhan bisnis. Pastinya, semua akan sebanding dengan harga yang harus Anda keluarkan. Apabila keuangan Anda terbatas, maka lebih baik memiliha aplikasi yang bisa menghandle 80% kegiatan operasional bisnis. 

Barcode Scanner

Alat ini pastinya sudah tidak asing lagi untuk Anda. Barcode scanner mampu membaca kode yang tertera pada kemasan produk dan mencetaknya. Kamu perlu mengindari mencetak kode barcode dengan printer dot metrik.

Hal ini karena hasil cetaknya akan menghasilkan titik-titik saat mencetak sebuah karakter. Tentunya, hal ini akan berpengaruh pada hasil scanning. Lebih baik gunakan printer inkjet atau laser yang memiliki kualitas tinta baik atau bisa menggunakan printer khusus mencetak kode barcode. 

Printer Dot Matrix

Printer ini bisa Anda gunakan untuk mencetak laporan atau struk dengan kertas rekap dan kertas continuous form. Apabila Anda mempunyai budget yang terbatas namun membutuhkan printer kasir, maka printer dot matrix bisa menjadi solusinya. Biasanya, printer ini memakai roll kertas struk yang bisa Anda letakkan pada bagian belakang dengan menjepitnya. 

Laci Uang

Laci uang atau yang memiliki nama lain cash drawer merupakan tempat untuk meletakkan uang hasil transaksi di kasir yang sudah tersedia pemisah atau divider antar bagian untuk memisahkan uang sesuai dengan nilainya.

Ada banyak jenis laci uang ini, terdapat cash drawer yang terbuat dari bahan baja, besi, maupun plastik. Selain itu, laci ini juga sudah lengkap dengan kunci. 

Customer Display

Fungsi dari customer display sendiri adalah untuk menampilakan transaksi yang sedang pelanggan lakukan dan apa saja yang petugas kasir input. Oleh sebab itu, pelanggan akan dengan mudah melihat atau mengkonfirmasi item yang mereka beli dan total pembeliannya.

Lalu, perangkat kasir mana yang akan kamu gunakan untuk bisnis Anda nanti? Anda perlu melakukan penyesuaian antara kebutuhan operasional dengan biaya yang Anda miliki untuk mengelola bisnis.

Jangan lupa, sebelum menggunakan perangkat kerasnya, Anda perlu memanfaatkan aplikasi atau software dulu karena perangkat tersebut bisa berjalan jika sudah terhubung dengan aplikasi kasir.

Nah, ada satu lagi perangkat kasir yang perlu Anda ketahui. Perangkat ini berguna untuk memenuhi segala kebutuhan dalam bisnis Anda, baik offline maupun online. Alat tersebut bernama GoBiz Plus.

Perangkat ini mampu mencetak struk dan menerima transaksi non tunai seperti membayar menggunakan QRIS dan kartu dalam satu perangkat yang sama. Tidak perlu khawatir, perangkat ini telah terlengkapi dengan built-printer yang sudah terhubung dengan aplikasi GoBiz.

Jadi, Anda tidak membutuhkan perangkat tambahan lagi untuk mencetak seluruh struk transaksi. Sangat simple dan hemat, bukan?

Yuk, segera miliki GoBiz Plus untuk mempermudah pengelolaan transaksi bisnis Anda. Kunjungi gobiz.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Mengenal Berbagai Perangkat Kasir yang Berguna Untuk Bisnis Anda"