Bayi Susah Makan? Ternyata Inilah Penyebabnya!

Ketika pertama kali memberikan Menu MPASI 6 bulan, Bunda pasti khawatir memikirkan si Kecil menyukai makanan tersebut atau justru susah makan. Bayi yang susah makan memang menjadi problematika tersendiri bagi para Bunda.

Aapalgi jika sudah banyak cara yang Bunda lakukan untuk membujuknya, namun keadaannya masih tidak berubah. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi susah makan. Simak penjelasannya berikut ini, ya! 

Memiliki Kebiasaan Menolak Makanan

Bayi susah makan karena banyak penyebab. Misalnya kenyang, lelah, sakit, atau terganggu. Jika si Kecil mengalami susah makan, maka Bunda tidak perlu khawatir. Bayi akan meminta makan ketika mereka sudah merasa lapar.

Jika buah hati mulai menampar sendok, membalikkan badan, atau menutup mulut, maka bayi memberikan sinyal kepada orangtua bahwa dirinya telah cukup makan untuk saat ini.

Bunda perlu percaya bahwa bayi telah mengerti berapa banyak makanan yang mereka butuhkan. Jangan pernah memaksa memberikan makanan kepada anak. Apalagi jika mengubah waktu makan yang menyenangkan menjadi penuh dengan tangisan. 

Menghindari Makanan Baru

Hampir setiap bayi pasti susah makan saat Bunda mencoba memberikan variasi makanan baru. Namun, kebanyakan anak mampu keluar dari tahap ini meskipun terkadang bisa membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa berminggu-minggu hingga bulanan.

Bunda dapat membantu buah hati untuk lebuh mudah menerima makanan baru dengan memastikan bahwa makanan tersebut tampak mirip dengan makanan kesukaan yang sudah bayi kenal sebelumnya. 

Senang Memainkan Makanan

Tahap ini merupakan fase yang tidak teratur saat bayi tampak menghabiskan banyak waktu untuk bermain dengan makanannya daripada memilih mengonsumsi makanan tersebut. Tanda ini sudah sering muncul saat si Kecil menginjak usia sembilan bulan. 

Bayi yang Pemilih

Bayi susah makan, rewel, dan senang memilih makanan merupakan masalah yang sering Bunda keluhkan. Ada banyak alasan mengapa bayi rewel mengenai makanan.

Mungkin saja, mereka sedang tumbuh gigi, belum siap dengan makanan padat, atau tidak membutuhkan makanan sebanyak yang Bunda berikan. Bunda perlu memberikan makanan yang sering bayi lihat untuk memberikan kenyamanan saat bayi rewel untuk makan.

Selain itu, Bunda juga bisa mengatasinya dengan membuat suasana yang nyaman untuk si Kecil saat menyantap menu MPASI miliknya. Salah satu caranya Bunda harus memperhatikan penggunaan popok si Kecil.

Merries premium pants pas di pinggang dan selangkangan sehingga mencegah kebocoran dan membuatnya semakin nyaman bergerak bebas.

Yuk, kunjungi merries.co.id untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Menu MPASI 6 bulan. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Bayi Susah Makan? Ternyata Inilah Penyebabnya!"