Untung Rugi Beli Mobil Bekas Di Lelang

Jika biasanya membeli mobil bekas dilakukan dengan datang langsung ke showroom dan melihat langsung kondisi mobilnya, Namun, sebenarnya ada cara lain agar kamu bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga murah, yaitu melalui lelang mobil.

Hanya saja, selama ini banyak orang mengira lelang identik dengan pembelian mobil dalam jumlah yang banyak. Sehingga, secara perorangan jarang sekali yang mengikuti proses pembelian mobil dengan cara menawar dengan harga tertinggi.

Padahal, bisa saja jika anda beruntung sebagai peserta dari perorangan pun bisa mendapatkan mobil dengan banderol di bawah harga pasaran dan cocok dengan budget yang kamu miliki.

Ada kekurangan jika anda beli mobil di lelang, yaitu untuk jenis dan tipe mobil yang ada di balai lelang kadang tidak selengkap seperti di showroom maupun diinginkan oleh si calon pembeli.

Lelang mobil bekas memang diikuti oleh pemilik showroom. Akan tetapi, bagi perorangan yang juga ingin membeli mobil melalui proses ini juga bisa dan di persilahkan dengan mengikuti syarat syarat yang ada. Mobil tersedia yang biasanya di lelang ini memang kondisinya apa adanya tanpa polesan, berbeda kalau yang dijual di showroom biasanya sudah diperbaiki dulu baru dijual. Mobil bekas yang dilelang juga ada grade-gradenya. Kategori ini juga disesuaikan dengan kondisi mobil yang nantinya akan dilelang, sehingga peserta lelang akan bisa memahami kondisinya. Misalkan pada grade A itu yang paling bagus, kemudian pada grade B itu berkurang sedikit kondisinya, grade C juga lebih berkurang lagi.

Grade kendaraan ini juga pastinya akan menentukan tinggi rendahnya harga lelang yang dibuka oleh balai lelang tersebut. Semakin tinggi gradenya, maka harganya pun juga akan lebih mahal dibandingkan grade yang ada di bawah grade sebelumnya.

Namun tidak hanya kondisinya saja, tapi juga mengenai persoalan dokumen atau surat kelengkapan dari kendaraan juga pasti sudah dijelaskan semuanya.

Seperti STNK akan habis masanya kapan, BPKB yang akan keluar kapan, akan ada penjelasannya semuanya. yang ingin lelang sudah pasti paham semuanya.

Mengenai kondisi dan keterangan mobil, hal tersebut juga bisa dilihat langsung melalui website resmi pada balai lelang.

Dengan begitu, pastinya calon peserta lelang juga bisa memastikan dan juga memperkirakan sendiri kondisi mobil yang akan dibelinya.

Semua keterangan sudah ada di website, termasuk juga kondisi kendaraan itu sendiri. jika sebelum sistem online ini banyak yang datang langsung ke balai untuk melihat mobilnya yang akan dibeli. Akan tetapi, karena proses lelang sekarang ini sudah sepenuhnya sistem daring maka semua keterangan beserta foto mobil sudah bisa anda lihat melalui websitenya. Untuk mengikuti lelang di IBID Anda wajib membeli NPL (Nomor Peserta Lelang) pada aplikasi IBID dengan 2 cara berikut ini. 

1. Beli NPL di Website IBID

Pilih objek lelang yang Anda mau di situs web maupun aplikasi IBID kemudian catat jadwal dan waktu tanggal lelangnya.

Kemudia Login atau daftarkan diri Anda dengan mengisi data diri beserta foto KTP yang asli.

Kemudian Anda bisa pilih beli NPL dengan menentukan jenis objek lelang apa yang ingin kamu ingin beli seperti contohnya mobil, motor, gadget, ataupun HVE. Jadi setiap jenis objek lelang akan memiliki nominal deposit yang berbeda-beda pula, contohnya Rp5 juta untuk mobil, dan Rp1 juta untuk yang motor, dan Rp100 ribu untuk yang unit gadget.

Nah setelah itu anda bisa pilih tipe NPL yang akan kamu beli. NPL live untuk kamu yang mau ikuti lelang baik dari lokasi lelang langsung ke tempat maupun virtual (lelang langsung) di situs web. Selanjutnya, Anda juga bisa memilih NPL Online jika kamu ingin mengikuti lelang yang berlangsung secara online IBID di situs web maupun aplikasi IBID. Kemudian Anda bisa masukan jumlah NPL yang ingin dibeli dan pilih jadwal lelang yang sesuai.

Tentukan jumlah NPL yang akan kamu beli. Satu NPL berlaku untuk memenangkan satu objek lelang. Lalublakukan pembayaran via virtual account atau via loket dengan menunjukkan QR Code yang kamu dapat kepada petugas loket untuk memproses pembayaran NPL kamu 

2. Beli NPL lewat Aplikasi IBID

Pilih objek lelang yang Anda inginkan di aplikasi IBID kemudian catat jadwal dan lokasi lelangnya juga.

Kemudian Login atau daftarkan diri Anda dengan mengisi data diri beserta foto KTP yang asli.

Selanjutnya lengkapi data nomor telepon, nama beserta rekening bank yang kamu miliki.

Kemudian masukan OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda.

Nah setelab melakukan pembelian NPL, lalu tentukan jenis objek lelang apa saja yang akan kamu beli.

Setelah itu, silahkan pilih tipe NPL live atau online. Dan pilih lokasi dan jadwal lelang yang diselenggarakan sesuai objek lelang incaranmu. Lalu tentukan jumlah NPL yang akan kamu beli.

Setelah melakukan pembayaran melalui rekening virtual melalui loket dengan menunjukkan kode QR yang dapat Anda berikan kepada petugas loket untuk memproses pembayaran NPL Anda.

Itulah tata cara untuk membeli NPL di IBID. Dan jika kamu memenangkan objek lelang yang kamu inginkan, maka nominal penawaranmu akan langsung dikurangi oleh banyaknya NPL yang sudah di beli. Tetapi, jika kamu kalah dalam mengajukan penawaran, maka seluruh deposit yang telah kamu setorkan akan IBID kembalikan dalam jangka waktu 3 hari kerja yang tercatat

Mengikuti acara lelang tidaklah sesulit dan serumit yang Anda bayangkan. Ditambah lagi anda bisa bisa merasakan serunya persaingan para peserta lelang yang menawarkan harga untuk berebut unit. Balai lelang yang menjadi solusi yakni IBID. Salah satu kelebihan IBID yaitu Anda bisa mengikuti lelang langsung secara live lewat aplikasi IBID yang sudah tersedia di Google Play Store . Jadi Anda bisa nge-bid dari mana saja tanpa harus ke lokasi.

Saat ini IBID sudah menyediakan hampir 350 objek lelang yang terdiri dari mobil, motor, gadget, maupun alat berat. Bikin penasarankan setelah tau apa saja keuntungan beli mobil secara lelang. Yuk di cek website dan aplikasi IBID, untuk pengalaman lelang terbaikmu.

Posting Komentar untuk "Untung Rugi Beli Mobil Bekas Di Lelang"

List Blog Keren Rajabacklink