Ketahui Beberapa Langkah Penggunaan Popok Bayi Baru Lahir

Apakah anda merupakan orang tua baru yang belum menguasai cara mengganti? Ayah dan ibu ayah dan ibu tentu saja harus bekerja sama untuk mengurus bayi yang baru lahir. Salah satunya ketika melakukan penggantian popok bayi baru lahir harus melakukannya dengan tepat. Lalu bagaimana urutan pemakaian popok yang benar? 

Penggunaan Popok Bayi Yang Tepat

Berikut ini merupakan urutan pemakaian popok bayi baru lahir yang tepat dan harus diikuti. 

Tahap Persiapan

Sebelumnya pastikan dulu sudah melakukan persiapan dengan alat-alat yang dibutuhkan. Pastikan tempat untuk mengganti popok adalah tempat yang bersih, seperti kasur atau meja khusus. Bisa juga di lantai tapi berikan alas yang nyaman.

Siapkan popok bayi dan juga tisu basah atau air hangat, agar bisa membersihkan kulit bayi. Gunakan lotion atau krim untuk mengatasi iritasi dan ruam popok. Siapkan juga baju ganti jika diperlukan dan cari tempat sampah untuk menampung popok bekas.

Bersihkan Tangan

Sebelum mengganti popok bayi, sebaiknya bersihkan tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Jika Anda jauh dari jangkauan air bersih, bisa menggantinya dengan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer atau tisu basah.

Buka Popok Bayi Yang Akan Diganti

Sekarang sudah masuk ke proses penggantian popok bayi, di mana terlebih dahulu buka popok bayi yang kotor dengan membuka perekat secara perlahan. Kemudian Anda bisa tarik bagian depan popok yang kotor dan turunkan ke bawah.

Bersihkan kemaluan si kecil dengan kain bersih ataupun tisu basah. Bersihkan juga bagian bokong bayi. Ambil bagian depan popok lalu lipat sampai menutupi bagian yang kotor kemudian buang popok ke tempat yang sudah disediakan.

Bersihkan Kulit Bayi

Lakukan pembersihan kotoran bayi dari arah depan ke belakang untuk mengurangi infeksi saluran kencing. Beri jeda waktu terlebih dahulu, agar bagian yang dibersihkan menjadi kering lalu lap menggunakan handuk kering.

Bila perlu oleskan krim khusus untuk si kecil yang mudah mengalami ruam.

Pemakaian Popok

Memakai popok dimulai dengan menyelipkan bagian belakang popok bersih ke bawah bokong lalu geser ke arah. Pastikan untuk penggunaan popok sekali pakai ini, posisi perekat ada di sekitar pinggang dan tarik bagian depan pokok ke arah perut.

Buka kembali perangkat di bagian belakang popok lalu tarik ke arah perut untuk direkatkan dan jangan terlalu kencang agar bayi nyaman. 

Setelah mengganti popok bayi baru lahir sebaiknya buang bapak bekas dan tisu kotor langsung tanpa ditunda. Pemilihan popok bayi agar terhindar dari iritasi maka pilih dari merk Merries. Popok bayi satu ini terkenal anti iritasi dan punya daya serap tinggi. Untuk harga jual popok juga sudah pasti terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

Posting Komentar untuk " Ketahui Beberapa Langkah Penggunaan Popok Bayi Baru Lahir"