Alasan UMKM Harus Menerapkan Sistem Point of Sales

Ketika bisnis UMKM kamu berkembang besar, maka perlu adanya sistem penjualan yang lebih baik lagi. Metode pembayaran dan pencatatan barang secara manual tidak efektif lagi untuk dilakukan. Oleh karena itu, kamu bisa mulai menerapkan sistem Point of Sale atau POS.

Dalam dunia bisnis, sistem POS ini bisa diartikan sebagai check-out counter (tempat kasir) dengan cash register (mesin kasir) yang menerima pembayaran dari pelanggan saat terjadi transaksi. Agar kamu lebih yakin lagi, berikut ini adalah alasan mengapa bisnis UMKM harus mulai menerapkan aplikasi POS. Simak baik-baik, ya! 

Mencatat Data Transaksi dengan Lengkap dan Tepat

UMKM memerlukan data transaksi detail yang bisa dijadikan bahan mengambil keputusan hingga bahan perhitungan gaji karyawan. Dengan menerapkan POS, kasir tidak perlu repot menghitung uang kembalian karena angka transaksi akan muncul secara otomatis.

Hal ini tentunya akan mengurangi panjang antrean pembeli karena setiap transaksinya dilakukan dengan cepat. Kondisi ini juga bisa meminimalisir terjadinya human error.

Bisa Memproses Data Transaksi Menjadi Laporan

Sistem POS juga menyediakan rekapitulasi data transaksi harian hingga bulanan secara otomatis dan real-time. Kamu pun bisa menilai performa bisnis melalui hasil rekapitulasi data tersebut.

Laporan transaksi ini pun tersedia secara online dan terhubung ke semua kantor cabang perusahaan. Jadi, kantor pusat bisa segera mengetahui apabila ada kantor cabang yang penjualannya menurun. 

Telah Terintegrasi dengan Stok Barang

Dalam sistem POS, terdapat fitur manajemen stok barang, sehingga tidak perlu lagu mengecek stok barang secara manual ke gudang atau toko cabang.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui dengan segera jika ada stok barang yang akan habis, barang apa saja yang paling laris dan tidak laris. Jadi, kamu bisa melakukan analisis perilaku konsumen dari informasi yang tersedia. 

Menerima Berbagai Metode Pembayaran

Saat ini, pembayaran non tunai menggunakan kartu kredit atau e-wallet lebih digemari masyarakat karena tidak ribet. Terlebih jika pelanggan membeli barang dalam nominal yang besar.

Maka dari itu, lengkapi bisnis UMKM kamu dengan sistem POS yang telah terintegrasi dengan berbagai macam metode pembayaran, seperti kartu debit/kredit, OVO, DANA dan sebagainya.

Itulah beberapa alasan mengapa UMKM harus menggunakan Point of Sale untuk mengelola transaksinya. Moka POS hadir sebagai solusi dari masalah ini. Layanan aplikasi POS yang mereka punya memiliki banyak fitur menarik yang bisa memberikan manfaat seperti di atas.

Biaya berlangganannya pun cukup terjangkau. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, bisa dilihat melalui laman mokapos.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Alasan UMKM Harus Menerapkan Sistem Point of Sales"