Yukk Cari Tahu Pengertian Valas Beserta Sistemnya Berikut

Valas berperan penting dalam pelaksanaan transaksi keuangan internasional. Peran valas juga cukup besar dalam bidang perdagangan antar negara. Pada dasarnya, valas adalah salah satu instrumen yang sering ditemukan dalam dunia pasar saham, baik nasional maupun internasional.

Tetapi, apa itu valas? Yuk cari tahu pengertian serta sistem valas pada ulasan berikut!

Definisi Valas (Valuta Asing)


Pasar valuta asing (foreign exchange market) atau yang disingkat valas ini adalah suatu jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya.

Valuta asing juga merupakan bagian dari devisa suatu negara, yang mana devisa adalah setiap kekayaan yang suatu negara miliki dan berada di luar negeri berupa barang, jasa atau mata uang yang digunakan sebagai alat transaksi perdagangan lintas negara. Nah, devisa dalam bentuk mata uang itulah yang kita sebut sebagai valuta asing.

Sistem Valas

Adapun tiga sistem valas yang dikenal secara umum dalam bisnis dan perdagangan ialah sebagai berikut:

Sistem Kurs Bebas (Floating)


Sistem kurs bebas dalam valas bisa diartikan sebagai pembuatan kurs yang hanya berlaku di tempat terjadinya transaksi. Jumlahnya bisa berbeda-beda, tergantung permintaan dan penawaran mata uang di tempat transaksi tersebut.

Dalam sistem ini, penentuan kurs mata uang yang ditukarkan tidak diatur oleh pemerintah suatu negara, sehingga nilai kurs mata uangnya benar-benar bebas dan mengambang.

Sistem Kurs Tetap

Dalam sistem kurs tetap, pemerintah yang menentukan secara mutlak nilai kurs mata uang terhadap mata uang negara lainnya. Hal ini dilakukan pemerintah sebagai upaya meredam pergerakan harga yang sangat fluktuatif.

Pemerintah akan membuat bank sentral yang aktif dalam transaksi valas. Jika terjadi kondisi kelebihan pasokan valas, pemerintah akan membeli valas tersebut agar nilainya tidak jatuh. Sebaliknya, jika terjadi kekurangan valas, maka pemerintah akan menjual valas melalui bank sentral.

Sistem Kurs Terkendali


Sistem kurs terkendali ini melibatkan pemerintah melalui bank sentralnya untuk menentukan alokasi pemakaian valas yang tersedia. Bisa dibilang, sistem ini merupakan kombinasi dari dua sistem sebelumnya.

Adanya sistem ini membuat nilai tukar valas bisa bergerak naik dan turun secara bebas dengan intervensi dari pemerintah. Hal ini bertujuan untuk mencegah pergerakan yang terlalu ekstrem.

Demikianlah ulasan mengenai valas dan juga sistem yang mengaturnya. Apabila ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar perbankan dan keuangan di Indonesia, silakan kunjungi laman www.bankdiindonesia.com.

Ada informasi mengenai alamat kantor cabang bank di berbagai wilayah, daftar BI Fast dan sebagainya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk " Yukk Cari Tahu Pengertian Valas Beserta Sistemnya Berikut "