Yukk Ketahui Manfaat Resi Dalam Bisnis Online

manfaat resi dalam bisnis online

Bisnis online yang semakin banyak peminatnya, turut mendorong jasa logistik berkembang pesat. Sebab, bisnis online sangat mengandalkan pengiriman barang. Apalagi di masa pandemi 2 tahun ini, konsumen cenderung melakukan pembelian barang secara online.

Seperti yang kita tahu, di kotak atau kardus pengiriman barang, biasanya tertempel kertas yang berisikan alamat pengirim paket dan alamat penerima paket, ongkos kirim, keterangan paket dan nomor resi. Resi tersebut merupakan bukti pengiriman yang diberikan oleh pihak logistik atau jasa pengiriman. Umumnya, bentuk resi terdiri dari kombinasi angka dan huruf yang unik.

Resi menjadi salah satu bukti yang bisa dipercaya dalam proses bisnis online. Berikut ini adalah beberapa manfaat resi yang paling umum dalam bisnis online. Simak baik-baik, ya!

Manfaat Resi Paling Umum Dalam Bisnis Online

Sebagai Alat Bukti

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, resi berfungsi sebagai alat bukti bagi penjual maupun pembeli. Oleh karena itu, resi biasanya rangkap dua. Satu lembar untuk pengirim paket dan lembar lainnya ditempelkan pada paket kiriman.

Bagi pengirim paket, resi bisa membuktikan bahwa barang yang sudah dibeli telah dikirim. Nantinya, pembeli atau penerima paket tinggal melakukan cek resi melalui website pelacakan resi online. Nomor resi juga bisa menjadi bukti untuk mengambil barang di perusahaan jasa pengiriman jika memang diperlukan.

Untuk Melacak Barang

Dengan menggunakan nomor resi, kita bisa lacak paket yang dikirim dengan pasti. Sudah sampai mana barang diantarkan. Hal ini berlaku bagi pengirim paket dan penerima paket. Untuk melakukan pelacakan menggunakan nomor resi, kita bisa melakukannya dengan cara berikut: 

  • Lacak resi menggunakan website pelacakan kiriman online seperti shipper.id. Caranya, masukkan nomor resi ke kolom yang tersedia di website. Kemudian akan muncul hasil tracking yang memperlihatkan posisi terkini dari paket kiriman.
  • Jika menggunakan jasa marketplace, biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk mengecek kiriman. Setelah transaksi sukses, kita langsung bisa melihat perjalanan paket atau barang sesuai nomor resi.

Nah, itulah beberapa manfaat resi paling umum dalam bisnis online. Bagi yang ingin melacak sudah sampai mana barang kiriman, cek nomor resinya melalui website Shipper. Shipper adalah agregator logistik domestik dan internasional yang akan membantu kita menemukan paket atau barang yang dibeli.

Salah satu keunggulan cek paket di sini https://shipper.id/tracking adalah bisa memasukkan hingga 10 kode nomor resi untuk melacak pengiriman, sehingga lebih praktis. Bebas biaya admin juga, lho. Yuk cek nomor resi pengiriman hanya di Shipper!

Posting Komentar untuk "Yukk Ketahui Manfaat Resi Dalam Bisnis Online"