Pintar dalam Memilih Asuransi Agar Tidak Rugi

Testimoni manis mengenai keberhasilan orang dalam menggunakan asuransi rumah sakit sebagai jaminan kesehatan sudah banyak terdengar. Memang, memiliki asuransi yang tepat dapat membantu kita ketika dibutuhkan kelak di kemudian hari. Pasalnya, semua biaya yang muncul, mulai dari perawatan di rumah sakit hingga lainnya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Namun demikian, tentu saja ada juga cerita pahit yang merasa dirugikan, seperti susah dalam klaim asuransi untuk penyakit tertentu.

Lantas, bagaimana ya agar tidak salah pilih asuransi? Bagaimana cara memilih asuransi agar tidak rugi?

Sebelum masuk ke tips memilih asuransi yang tepat, kenali terlebih dahulu skema dari asuransi kesehatan berikut: 

Skema asuransi kesehatan

Konsep dari asuransi kesehatan berdasarkan salah satu artikel di situs artikel FWD Insurance adalah pertanggungan sejumlah biaya perawatan rumah sakit, apabila terjadi risiko kesehatan mulai dari konsultasi dengan dokter, biaya rawat jalan, rawat inap, dan juga obat-obatan. Biaya yang ditanggung bisa seluruh biaya pengobatan atau sebagian besar biaya.

Untuk mendapatkan manfaat asuransi tersebut, kita perlu membayar premi asuransi tiap bulan atau ada juga yang dibayarkan tiap tahun, dengan nominal yang bervariasi tergantung perusahaan asuransinya. Kebijakan dan manfaat dari setiap perusahaan asuransi juga berbeda-beda, seperti cakupan perlindungan, proses klaim, dan jenis asuransi kesehatannya. 

Cakupan perlindungan

Setiap produk asuransi kesehatan yang ditawarkan berbeda-beda, ada yang hanya menanggung biaya pengobatan rawat inap, ada yang menanggung biaya rawat inap dan rawat jalan, ada juga yang menanggung biaya pengobatan penyakit kritis. Untuk lingkup perawatan ada yang hanya bisa digunakan di Indonesia saja, namun ada juga yang bisa digunakan di seluruh dunia. Semua perlindungan ini tergantung dengan produk yang akan kamu pilih dan jumlah premi yang harus dibayarkan. Maka dari itu kenali terlebih dahulu kebutuhan dan kemampuan kamu. 

Proses Klaim Asuransi

Untuk proses klaim juga bagian penting untuk kita memilih produk asuransi, ada yang langsung menanggung pengobatan kista dengan sistem cashless. Yaitu kamu hanya perlu menunjukan kartu asuransi dan tidak perlu mengeluarkan biaya sendiri terlebih dahulu. Ada juga yang sistemnya penggantian dana, yaitu kamu harus membayar biaya pengobatan dengan uang pribadimu, kemudian siapkan beberapa berkas untuk proses penggantian dana. 

Jenis asuransi kesehatan

Umumnya asuransi kesehatan terbagi menjadi dua kategori, yaitu pertama asuransi konvensional/syariah dan asuransi murni/unit link. Untuk asuransi konvensional adalah asuransi yang secara umum kita kenal. Jadi setelah membeli asuransi kesehatan, kamu akan menerima perlindungan risiko selama periode kontrak asuransi tersebut. 

Untuk asuransi syariah adalah asuransi yang mengikuti prinsip syariah yang basisnya melindungi dan tolong menolong antar sesama nasabah yang berpotensi terkena risiko. Asuransi murni adalah premi yang dibayarkan hanya untuk perlindungan asuransi tersebut saja, sedangkan asuransi unit link dana tersebut akan dibagi untuk kegiatan investasi juga.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang tepat

Berikut ini beberapa tips memilih asuransi kesehatan berdasarkan situs FWD Insurance dan situs media Suara: 

Pilih asuransi dengan reputasi baik

Untuk mengetahui track record dan juga reputasi dari sebuah perusahaan asuransi bukanlah hal yang sulit dilakukan di era keterbukaan informasi seperti saat ini. Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui reputasi dan sebuah produk asuransi. Bisa dari sosial medianya, surat pembaca, testimoni nasabahnya dan juga informasi dari portal berita. 

Cermat dalam memilih agen asuransi

Mungkin di era digital ini sudah banyak yang bisa membeli asuransi secara online. Tetapi ada beberapa produk asuransi yang mewajibkan kita untuk berkonsultasi pada agen asuransi. Agen asuransi berperan penting, karena saat kita dalam kesulitan agen asuransi siap setiap waktu membantu kita. Jika kamu tidak mempunyai kenalan yang bekerja sebagai agen asuransi, usahakan agen asuransi tersebut memiliki rekam jejak yang baik. 

Tahu kebutuhan asuransi kamu

Ini hal yang perlu kamu ketahui dan kenali sebelum memutuskan asuransi mana yang sebaiknya kamu miliki. Misalnya kamu merasa kedepannya akan memiliki resiko penyakit kritis yang datang dari faktor genetik, sebaiknya kamu memproteksi diri kamu dengan asuransi penyakit kritis. 

Memilih asuransi sama hal dengan kita memilih rumah, kita harus tahu mana yang cocok dan buat aman dan nyaman untuk masa depan. Pilihlah asuransi sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri.

Posting Komentar untuk " Pintar dalam Memilih Asuransi Agar Tidak Rugi"

List Blog Keren Rajabacklink