Mengenal Internet Exchange Point dan Fungsinya

Internet Exchange Point

Ketika kamu mengunjungi sebuah website, sebenarnya ada banyak komponen yang terlibat dalam aktivitas tersebut, tidak hanya jaringan internet yang mengakses data di server, namun di dalamnya ada peran Internet Exchange Point (IXP).

Banyak dari kita mungkin tidak tahu apa fungsinya, bahkan tidak sedikit yang baru mengenal istilah ini. Namun jika kamu adalah orang sangat berhubungan dengan cloud atau data center, penting bagi kita untuk tahu apa itu Internet Exchange Point.

Dalam artikel kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengenal apa itu internet Exchange Point lengkap dengan fungsi-fungsinya.
 

Apa itu Internet Exchange Point?

Internet Exchange Point adalah infrastruktur fisik yang membuat penyedia layanan internet dan perusahaan CDN bisa melakukan pertukaran data trafik secara lokal sehingga akses data menjadi lebih cepat, hemat, dan efisien.

Hal ini bisa terjadi karena Internet Exchange Point akan menjadi teknologi untuk menemukan rute terpendek dalam melakukan pengiriman data, dengan memanfaatkan jaringan-jaringan yang mereka miliki.

Perlu kita ketahui bersama bahwa sebelum adanya Internet Exchange, pengaksesan atau pengiriman data tidak berjalan dengan efisien, Misalnya ketika kita akan mengirimkan email dari rekan kerja yang lokasinya ada di gedung sebelah, maka data tersebut akan melalui rute pihak ketiga yang ada di luar negeri, lalu dikirim ke Indonesia lagi untuk diteruskan pada tujuan.

Pada akhirnya rute pengiriman dan pengaksesan data ini bisa di buat menjadi lebih efisien, karena pada tahun 1997 akhirnya Indonesia memiliki IX (Internet Exchange).

Sebagai infrastruktur fisik, Internet Exchange Point memang memiliki komponen yang sangat kompleks, namun biasanya infrastruktur ini terjadi dari router, server, dan juga switch. Tidak hanya berjumlah satu, Internet Exchange Point biasanya tersedia di berbagai titik yang fungsinya untuk membuat aliran data menjadi lebih efektif.
 

Fungsi Internet Exchange Point

Melalui penjelasan diatas kita sudah tahu apa itu Internet Exchange Point, lalu apa fungsi dari infrastruktur satu ini? Berikut beberapa fungsinya. 

1. Menjadi Lebih Cepat

Karena IXP merupakan infrastruktur untuk membuat rute pengiriman data menjadi lebih efisien, tentu saja hasilkan akan bisa membuat pengiriman data menjadi lebih cepat. Cloud yang menggunakan IXP bisa melakukan pengiriman data dua kali lebih cepat dibandingkan tidak menggunakan IXP. Pada sebuah server, IXP akan mampu memaksimalkan latency dari server tersebut. 

2. Akses yang Berkualitas

Tidak hanya membuat latency menjadi kecil, adanya IXP juga memungkinkan server untuk memberikan kualitas akses yang lebih baik dan stabil, secara berkelanjutan. Kenapa bisa demikian? Hal ini karena fungsi dari IXP adalah memperpendek rute pengiriman, yang akhirnya akan bisa menekan beban kerja server. Server yang terkoneksi dengan IXP akan jauh lebih andal. 

3. Hemat Biaya

Bagaimana IXP bisa mengurangi biaya yang dibutuhkan pada saat mengakses internet? Ketika kita mengakses data di internet, kita membutuhkan bandwidth. Semakin besar jumlah trafik yang kita akses, maka bandwidth yang dibutuhkan juga semakin besar. Bandwidth ini sangat berhubungan dengan seberapa banyak biaya yang harus kita keluarkan.

IXP yang bisa memangkas rute pengiriman data membuat konsumsi bandwidth menjadi lebih rendah, yang akhirnya bisa membantu kita untuk melakukan penghematan biaya.

Itulah pembahasan kita tentang Internet Exchange Point, lengkap dengan fungsi dari infrastruktur fisik yang satu ini. Meski keberadaanya tidak sepopuler cloud, namun ini adalah infrastruktur yang memiliki peran sangat penting

Posting Komentar untuk "Mengenal Internet Exchange Point dan Fungsinya"