Cara Optimalkan Strategi Marketing Bisnis dengan Google Workspace

optimalkan strategi marketing bisnis dengan google workspace
source: global-uploads.webflow.com

Ketika menyusun strategi marketing bisnis, banyak hal yang harus Anda urus seperti foto dan video untuk konten, jadwal marketing campaign, pemasangan iklan dan lain-lain. Belum lagi jika Anda dan tim marketing berada di beberapa lokasi. Tentunya, tidak bisa berdiskusi secara langsung untuk menentukan strategi.

Nah, hadirnya Google Workspace bisa membantu Anda. Google Workspace memiliki serangkaian program dan aplikasi penunjang produktivitas yang bisa digunakan untuk merancang strategi pemasaran bisnis. Selain itu, platform ini berbasis Cloud sehingga tim marketing bisa melakukan diskusi di mana pun dan kapan pun.

Berikut ini adalah beberapa cara mengoptimalkan strategi marketing bisnis menggunakan aplikasi atau tools yang ada di Google Workspace. Simak baik-baik, ya!

Melakukan Riset Pasar dengan Google Forms

Penting untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum meluncurkan marketing campaign. Sebab, sebagus apapun strategi marketing bisnis yang Anda terapkan, akan menjadi percuma jika tidak tepat sasaran.

Anda bisa mulai riset dengan menyebarkan survei kepada target konsumen bisnis menggunakan Google Forms. Cukup bagikan tautan Google Forms kepada target konsumen, bisa lewat media sosial seperti Instagram, WhatsApp, TikTok dan sebagainya.

Setelah mendapatkan feedback atau respons dari hasil survei tersebut, sortirlah lalu analisis data menggunakan Google Sheets.

Mengelola Marketing Campaign dengan Google Calendar

Buat campaign yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu, tujuannya agar strategi marketing bisa meninggalkan kesan positif yang bersifat jangka panjang. Penjadwalan campaign juga penting dilakukan agar strategi marketing bisnis bisa berjalan tepat waktu dan sasaran.

Kini, Anda bisa mengelola strategi marketing bisnis secara lebih praktis menggunakan Google Calendar. Melalui salah satu aplikasi Google Workspace satu ini, Anda bisa mengundang anggota tim dan memberikan tugas mereka pada tanggal yang ditentukan. 

Jika ada materi yang perlu dipelajari, Anda pun bisa langsung melampirkannya di dalam Google Calendar.

Perluas Jangkauan Audiens dengan Google Ads

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperluas jangkauan audiens, salah satunya dengan menggunakan Google Ads. Anda bisa mengiklankan website menggunakan strategi keywords. Jadi, apabila seseorang mengetikkan keyword tertentu, website bisnis Anda akan muncul pada peringkat teratas hasil pencarian Google.

Cara lainnya adalah membuat video iklan yang nantinya dipasang di produk-produk Google lain. Contohnya, memasang video iklan produk di YouTube. Agar iklan di YouTube tidak diskip audiens, pastikan untuk menunjukkan produk Anda pada detik-detik pertama video.

Demikianlah beberapa cara mengoptimalkan strategi marketing bisnis dengan Google Workspace. Anda bisa berlangganan Google Workspace di KunciHost yang telah melayani banyak perusahaan di Indonesia. Harganya pun murah dan bersaing. Kunjungi laman kuncihost.com untuk informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Optimalkan Strategi Marketing Bisnis dengan Google Workspace"