Cetak Sejarah Baru! Indonesia Lolos Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Asia 2023
source: jateng.akurat.co

Piala Asia AFC 2023 merupakan edisi ke-18 Piala Asia AFC, yakni turnamen sepak bola pria empat tahunan yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Sebelumnya, turnamen ini dijadwalkan akan diadakan di Tiongkok pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023.

Namun, kasus COVID-19 yang kembali merebak di sana, AFC pada tanggal 17 Oktober 2022 mengumumkan turnamen Piala Asia akan diselenggarakan di Qatar. Qatar menjadi negara pertama yang menjadi tuan rumah tiga edisi Piala Asia, setelah tahun 1988 dan 2011.

Turnamen ini akan digelar pada 10 Januari hingga 12 Februari 2024. Selama jalannya pertandingan, banyak kejutan yang tersaji. Salah satunya adalah Timnas Indonesia yang berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya.

Timnas Indonesia Mencetak Sejarah Baru

Skuad Garuda Muda berhasil mengukir sejarah baru pada turnamen Piala Asia 2023. Untuk pertama kalinya, Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia setelah hasil imbang antara Oman vs Kirgistan pada laga terakhir Grup F pada Kamis (25/1) malam WIB.

Oman unggul terlebih dahulu dalam laga yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha itu. Oman membuka skor 1 – 0 lewat gol Muhsen Al-Ghassani pada menit ke-8. Pada menit ke-80, kerja keras Kirgistan terbayar.

Karena kesalahan koordinasi kiper dan pemain belakang Oman, Joel Kojo memanfaatkannya untuk menyamakan kedudukan 1 – 1 dan bertahan hingga laga usai. Hasil imbang pada laga Oman vs Kirgistan ini membuat tim Garuda mampu mengamankan tiket terakhir dari jalur peringkat ketiga terbaik.

Tim asuhan Shin Tae-yong berhak lolos ke fase 16 besar karena unggul poin atas Oman yang menempati peringkat kelima klasemen tim peringkat ketiga terbaik. Dari tiga pertandingan yang dijalani, Timnas Indonesia berhasil mengoleksi tiga poin. Sementara Oman hanya memiliki dua poin, buntut hasil imbang kontra Kirgistan.

Tiga tim peringkat ketiga terbaik lainnya yang lolos bersama Indonesia ialah Yordania, Palestina, dan Suriah. Hasil ini juga membuat Timnas Indonesia mencetak sejarah baru. Skuad Garuda untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar Piala Asia, sejak pertama kali mentas di ajang ini pada tahun 1996.

Di empat edisi sebelumnya, langkah Timnas Indonesia selalu terjegal di fase grup. Hal itu terjadi pada Piala Asia edisi tahun 1996, 2000, 2004, dan 2007.

Cari tahu informasi Sepak Bola Indonesia yang lebih up-to-date di laman Facebook Timnas Indonesia. Salam Olahraga!

Posting Komentar untuk "Cetak Sejarah Baru! Indonesia Lolos Babak 16 Besar Piala Asia 2023"