Jenis Pipa Air yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Bangun Rumah!

Jenis Pipa Air

Apakah kamu di tahun 2024 ini salah satu goals-nya adalah membangun rumah? Jika iya, maka artikel pas banget kamu baca, karena akan dibahas mengenai jenis-jenis pipa yang biasa digunakan dalam pembangunan rumah. Hal tersebut penting untuk diketahui agar tidak salah dalam menentukan pilihan jenis pipa untuk dipasang di rumah. 

Jenis pipa yang biasanya digunakan dalam rumah tangga biasanya adalah pipa PVC karena biasanya memiliki keunggulan yang lebih baik dalam hal ketahanan terhadap adanya korosi, lama penggunaan, dan pemasangannya yang tergolong mudah. Salah satu salah satu merk pipa PVC yang sering digunakan di dalam rumah adalah merk Vinilon yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Nah, selain pipa dari bahan PVC, terdapat juga beberapa jenis pipa lain yang biasa digunakan di dalam rumah, tergantung dengan tujuan penggunaannya. Biar tidak semakin penasaran, mari kita bahas lebih lanjut!

Ada beberapa jenis pipa berdasarkan struktur bahan pembuatnya, yaitu :

Pipa PVC (Polyvinyl Chloride)

Di dalam rumah, pastinya kita membutuhkan penggunaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, dan memasak. Untuk mengalirkan air bersih, disarankan untuk menggunakan jenis pipa PVC. Tidak hanya untuk mengalirkan air bersih, pipa ini juga digunakan untuk membuang air limbah rumah tangga seperti air dari kamar mandi ke saluran pembuangan. 

Sifatnya yang kokoh dan kuat serta proses pemasangannya yang mudah menjadi nilai plus untuk menggunakan jenis pipa ini. Tidak hanya itu, kelebihan dari pipa ini adalah tahan terhadap korosi, ringan, tahan terhadap pengendapan mineral, tahan terhadap tekanan dan kebocoran, biaya terjangkau, dan tahan terhadap zat kimia.

Pipa HDPE (High Density Polyethylene)

Sama dengan pipa PVC, jenis pipa ini bisa digunakan untuk instalasi air bersih maupun air limbah. Adapun keunggulan dari pipa ini adalah tahan terhadap tekanan tinggi, bahan kimia, suhu ekstrim, dan keretakan. Selain itu, pipa ini membutuhkan biaya yang rendah untuk perawatan dan ramah lingkungan.

Pipa PPR (Polypropylene Random)

Jenis pipa yang satu ini dibuat dari bahan polipropilena yang tahan terhadap panas dan tekanan tinggi. Apabila memang kamu ada rencana untuk membuat instalasi air panas dan pipa gas di rumah, maka jenis pipa ini cocok untuk digunakan. Kelebihan dari menggunakan pipa ini adalah tahan terhadap korosi, dan suhu tinggi, bahannya yang ringan serta mudah dipasang, kebersihan dan keamanan air yang terjaga serta bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Pipa Galvanis/Besi

Jenis pipa yang satu ini terbuat dari baja yang dilapisi dengan seng untuk mencegah karat dan korosi. Jenis pipa ini biasanya digunakan di area industri yang lingkungannya membutuhkan kekuatan dan daya tahan lama yang tinggi.

Semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu kamu yang ingin membangun rumah impian, ya!

Posting Komentar untuk "Jenis Pipa Air yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Bangun Rumah!"