3 Pilihan Alternatif Beasiswa AAS untuk Studi S2 dan S3 di Australia

alternatif beasiswa AAS
source: detik.com

Autralia merupakan salah satu negara tujuan populer mahasiswa Internasional untuk melanjutkan kuliah S2 atau S3 dengan beasiswa. Program beasiswa Australia yang diketahui banyak kalangan adalah AAS (Australia Awards Scholarships).

Namun, kamu juga harus menyiapkan alternatif beasiswa AAS lainnya agar bisa langsung apply apabila ketinggalan atau kurang persiapan untuk mendaftar beasiswa AAS. Berikut ini adalah tiga pilihan beasiswa alternatif selain AAS yang bisa dipertimbangkan. Simak baik-baik, ya!

LPDP Reguler

Pertama, ada beasiswa LPDP yang diselenggarakan pemerintah Indonesia untuk mahasiswa berprestasi yang ingin melanjutkan studi di dalam maupun luar negeri. Beasiswa ini mencakup S2 hingga S3 dan berbagai bidang studi.

Para penerima beasiswa LPDP akan mendapat dukungan finansial selama masa studi serta akses ke program pelatihan, seminar dan jaringan alumni. Seleksi penerima beasiswa LPDP Reguler dilakukan secara ketat dan transparan dengan melibatkan ahli di berbagai bidang.

Persyaratan Beasiswa:

  1. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL);
  2. Transkrip Akademik;
  3. Sertifikat Bahasa. Untuk S2 diperlukan sertifikat IELTS 6.5 / TOEFL ET 80. Sementara S3 membutuhkan sertifikat IELTS 7.0 / TOEFL ET 94;
  4. Surat Rekomendasi;
  5. LoA Unconditional;
  6. Dan lain-lain.

Australian Government RTP Scholarship

Australian Government RTP Scholarship merupakan skema beasiswa dari pemerintah Australia melalui DESE yang dikelola oleh universitas mitra. Beasiswa satu ini memberikan pendanaan untuk melanjutkan studi Master by Research dan PhD.

Seleksi dan rincian pendanaan akan ditentukan oleh masing-masing universitas yang bermitra. Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkannya ketika memilih universitas tujuan.

Contohnya, beasiswa RTP di The University of Western Australia yang mencakup uang saku bulanan, tuition fees, biaya pendukung riset, publikasi dan asuransi. Kamu juga perlu mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan selama studi di Australia serta aspek yang dibiayai oleh pendanaan RTP di universitas pilihan.

Persyaratan Beasiswa:

  1. RTP Fees Offset: Kamu harus menjadi mahasiswa yang terdaftar di salah satu perguruan tinggi yang terdaftar dalam daftar universitas mitra.
  2. RTP Stipend: Kamu tidak diperkenankan menerima bantuan keuangan hidup dari pihak lain.
  3. RTP Allowances: Tidak menerima beasiswa lainnya untuk tuition fee.

University of Adelaide Research Scholarship

Beasiswa Australia ini ditawarkan Universitas Adelaide dengan periode pendaftaran tiga kali dalam setahun, dan ditujukan untuk pelajar Internasional yang ingin mendaftar program S2 dan S3. 

University of Adelaide Research Scholarship didasarkan pada prestasi akademik dan potensi penelitian, bukan berdasarkan kegiatan ekstrakurikuler.

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah selama dua tahun untuk program Master Degree by Research dan tiga tahun untuk program Doctoral Research Degree. Kamu bahkan bisa memperpanjang beasiswa hingga enam bulan, terkhusus bagi pelamar doktor yang terpilih.

Persyaratan Beasiswa:

  1. KTP atau paspor;
  2. Ijazah dan Transkrip Akademik;
  3. Syarat sertifikat bahasa terdiri dari IELTS 6.5 – 7.0 dan TOEFL iBT 79-94;
  4. Mencari Supervisor;
  5. Dan lain-lain.

Itulah tiga pilihan alternatif beasiswa AAS yang bisa kamu apply untuk melanjutkan studi di Australia. Agar persiapan kamu bisa lebih matang, segera bergabung bersama Kobi Education.

Para mentor Kobi yang expert akan membimbingmu dalam persiapan mulai dari A – Z. Termasuk persiapan wawancara hingga proofreading esai beasiswa yang akan dikumpulkan.

Informasi selengkapnya silakan dilihat di laman kobieducation.com. Yuk persiapkan segala persyaratan beasiswa sampai tuntas bersama Kobi Education!

Posting Komentar untuk "3 Pilihan Alternatif Beasiswa AAS untuk Studi S2 dan S3 di Australia"