Inilah Perusahaan yang Menjadi Pelopor Metaverse

Istilah metaverse mulai dikenal akibat perubahan nama Facebook menjadi Meta. Namun faktanya, sudah ada beberapa perusahaan besar yang telah memanfaatkan dunia metaverse ini. Mereka sadar bahwa teknologi akan terus berkembang dengan pesat dan memberikan terobosan baru di setiap masanya.

Apalagi, dunia virtual ke depannya diyakini akan mengubah cara kita melanjutkan kehidupan, mulai dari bekerja, bermain, liburan, hingga sektor pendidikan yang memungkinkan mendirikan metaverse university

Hal ini jelas akan memberikan peluang yang besar bagi mereka. Lantas, perusahaan mana saja selain Meta yang turut membangun Metaverse? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini! 

Nvidia

Perusahaan teknologi yang berbasis di California, Amerika ini telah menjadi salah satu pelopor pengimplementasian Metaverse. Nvidia telah berkolaborasi dengan pengguna untuk menciptakan sera mengusung konsep metaverse dalam bidang desain, simulasi 3D, dan pemodelan.

Ini sama halnya dengan simulasi bangunan dan pabrik di dunia nyata. Keuntungan yang didapatkan Nvidia dengan membangun metaverse ini adalah dapat mengurangi jumlah limbah sekaligus menghemat uang hingga miliaran dolar. 

Apple

Perusahaan teknologi raksasa besutan Steve Jobs ini berencana akan meluncurkan peralatan VR dan AR yang canggih ke depannya. Sehingga, akses menuju ke metaverse akan semakin support dan mudah. 

Microsoft

Microsoft tengah mengembangkan aplikasi Mixed and Extended Reality (XR) melalui platform Microsoft Mesh-nya, yang mana akan menggabungkan dunia nyata dengan AR dan VR. Perusahaan perangkat lunak ini juga berencana menghadirkan realitas campuran termasuk hologram dan avatar virtual ke Microsoft Teams.

Selain itu, Microsoft bekerja sama dengan militer AS dalam pembuatan headset AR Hololens 2 demi keperluan latihan tentara. Perusahaan ini juga sedang mengerjakan ruang terhubung virtual 3 dimensi yang bisa dijelajahi untuk ritel dan tempat kerja. 

Roblox

Bulan November lalu, Roblox mengumumkan rencananya untuk membangun Metaverse untuk para pemainnya, di mana pengguna bisa berkumpul untuk belajar, bersosialisasi, bekerja, dan sebagainya. Waahh mirip seperti metaverse Muhammadiyah yang menyerukan untuk melek teknologi dalam segala kondisi ya.

CEO Roblox, David Baszucki juga membuat tweet yang semakin memperkuat rencana tersebut. Di tweet-nya, David mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah membantu membawa platform penampungan game tersebut menjadi satu langkah lebih dekat untuk memenuhi visi terkait metaverse.

Selain perusahaan-perusahaan di atas, masih banyak lagi perusahaan yang ikut terjun untuk mengembangkan metaverse, di antaranya Epic Games, Tencent, Alibaba, dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Inilah Perusahaan yang Menjadi Pelopor Metaverse"