Menilik Apa Saja Tugas Seorang Dokter Spesialis Anak

tugas dokter spesialis anak

Kata Fatih - Dokter spesialis anak merupakan profesi yang fokus pada kesehatan fisik, mental, pertumbuhan perkembangan, dan sosial anak. Kesehatan anak ini harus mulai diperhatikan sejak anak lahir.

Tugas dokter anak tidak jauh berbeda dengan dokter pada umumnya, dokter spesialis anak di Blitar juga memberikan tindakan guna mencegah penyakit dan memberikan pengobatan pada anak yang sakit baik akut maupun kronis. Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang dokter spesialis anak.

Masalah yang ditangani

Dokter anak tidak hanya bertugas memberikan obat dan memeriksa kondisi anak ketika sakit saja. Namun, ada masalah lain yang harus ditangani seorang dokter anak. Tugas lainnya seperti menilai pertumbuhan dan perkembangan anak serta mengamati gangguan kesehatan bayi, anak, dan remaja.

Selain itu, dokter juga harus mampu memberikan pemahaman kepada ibu mengenai keamanan, gaya hidup, dan cara menyusui yang benar.

Dokter anak membantu mendiagnosis penyakit dan kondisi tertentu pada anak dan menangani gangguan yang terjadi. Bahkan dokter harus menangani gangguan mental pada anak dan memberikan rujukan ke dokter spesialis penyakit tertentu.

Tindakan yang dapat diambil

Dokter spesialis anak memiliki wewenang untuk melakukan beberapa tindakan. Tindakan yang bisa dilakukan seperti pemeriksanaan fisik dan penelusuran riwayat medis anak, pemberian obat dan vaksin untuk anak, serta memutuskan tindakan perawatan yang tepat untuk anak yang sakit.

Selain itu, dokter anak juga harus menilai dan mengawasi anak pada masa perawatan dan memberikan pertolongan medis pada keadaan yang darurat pada anak.

Waktu untuk pemeriksaan

Orang tua dianjurkan membawa anaknya ke dokter spesialis anak jika anak sedang dalam kondisi demam, muntah atau diare berat, kekurangan cairan, kejang, dan mengalami gangguan pernafasan, nyeri buang air kecil, ruam, masalah pada tumbuh kembang anak, dan masalah bayi yang terlahir prematur.

Demikian beberapa hal yang bisa kamu ketahui mengenai dokter anak. Untuk penanganan dan pelayanan yang terbaik untuk anak, Anda bisa memilih Dokter anak Blitar yang profesional dan berpengalaman.

Tidak perlu bingung mencari, Anda bisa menghubungi dr. Mutia Farah, Sp.A, M.Kes dan segera membuat janji temu di RS Islam Aminah Blitar. Anda juga bisa mengunjungi gurunda.com agar memperoleh informasi seputar parenting yang lebih lengkap. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Menilik Apa Saja Tugas Seorang Dokter Spesialis Anak"