Harga Kripto Anjlok? Ini Dia 6 Tips agar Para Investor Tetap Cuan!

6 tips agar para investor tetap cuan saat harga kripto anjlok

Bukan rahasia umum lagi jika kripto merupakan aset investasi yang harganya sangat volatil dan sangat mudah berubah-ubah dengan drastis hanya dalam hitungan menit. Hal ini tentu setimpal dengan peluang keuntungannya yang besar namun dibarengi dengan resiko yang sangat tinggi, terutama jika harganya jatuh secara tajam.

Fenomena jatuhnya harga kripto ini tentu akan disikapi berbeda oleh setiap investor, karena tujuan keuangan dan investasi masing-masing individu tentu akan berbeda satu sama lain. Dimana penurunan harga ini di satu sisi akan dimanfaatkan oleh beberapa investor untuk memperbaiki portofolio asetnya.

Namun, kripto merupakan market yang spekulatif sehingga penurunan harga ini tidak bisa serta merta digunakan sebagai momen untuk menambah muatan, karena banyak hal masih bisa terjadi di dalamnya. Agar tidak salah langkah, yuk simak 6 tips agar investor tetap cuan saat harga kripto anjlok pada artikel di bawah ini!

Perbanyak Riset dan Hindari FOMO

Hal utama yang harus dilakukan oleh para investor khususnya kripto adalah memperbanyak riset dengan update berita dan trend terbaru yang beredar di dunia blockchain dengan kadar yang tepat.

Ilmu yang memadai dan riset yang tajam akan membuat mental investor menjadi jauh lebih kuat sehingga tidak mudah fear of missing out (FOMO) atau mudah terbuai dengan apa yang dikatakan orang lain. Sebab kamu telah memiliki keputusan investasi yang matang dan tujuan keuangan yang jelas.

Dalam kripto ataupun aset investasi lainnya, tidak ada seorangpun yang bisa memprediksi masa depan sehingga tidak ada saran terbaik daripada melakukan riset untuk keputusan investasi pribadimu.

Diversifikasi aset

Tips kedua untuk membantu para investor agar tetap cuan adalah dengan melakukan diversifikasi aset. Dimana investor yang cerdas, tentu akan memiliki berbagai jenis aset kripto yang berbeda di dalam portofolio investasinya.

Sebab, tidak semua aset kripto akan memiliki pergerakan harga yang sama setiap harinya. Hal inilah yang membuat para investor kripto harus menentukan strategi investasi mereka dengan cermat agar dapat membuat keputusan yang tepat untuk cut loss ataupun menambah muatan agar bisa mendapatkan keuntungan saat harga pasar menjadi lebih stabil.

Mendapatkan Keuntungan dari Stablecoin

Stablecoin merupakan salah satu jenis mata uang kripto yang sengaja diciptakan untuk menawarkan pilihan harga yang lebih stabil dan didukung oleh adanya set cadangan.

Hal ini tentu dapat menjadi salah satu opsi teraman yang dapat dilakukan oleh para investor agar bisa mendapatkan aset yang dapat melindungi diri dari penurunan pasar serta menghindari volatilitas di dalam kripto.

Dimana stablecoin ini akan bekerja dengan mengonversi beberapa jenis kepemilikan kripto yang volatil menjadi jenis aset yang jauh lebih stabil dari adanya perubahan harga di pasar.

Jadi adanya opsi seperti ini akan membantu para investor untuk dapat mempertahankan keseimbangan portofolio yang mereka miliki serta dapat mengurangi resiko dari harga pasar yang sedang anjlok.

Menerapkan Swing Trading

Saat kondisi pasar sedang bullish maka hal lainnya yang dapat dilakukan oleh para investor adalah dengan membeli serta menyimpan aset yang menurut hasil risetmu berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

Namun jika dalam kondisi market yang anjlok, maka kamu perlu memanfaatkan tren tersebut dengan baik dengan membeli lebih banyak koin yang potensial saat harganya rendah dan langsung menjualnya saat telah mencapai puncak trend.

Akan tetapi perlu diperhatikan kembali, bahwa metode swing trading ini tidak dibuat untuk setiap orang. Sebab, untuk dapat menjadi investor yang lebih sukses, maka kamu perlu memahami analisis pasar secara teknis agar dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk masuk dan keluar dari pasar.

HODL (Hold On for Dear Life)

Jika harga pasar sebuah aset kripto sudah jatuh terlalu dalam sejak awal pembeliannya, namun kamu meyakini bahwa masih ada harapan dengan investasi tersebut maka strategi HODL (Hold On for Dear Life) dapat dilakukan.

HODL merupakan salah satu strategi untuk berinvestasi dalam aset kripto dimana investor menjual sebuah aset dengan harga yang kurang dari harga pembelian. Sebab, jika market sedang dalam keadaan krisis, memegang aset yang memiliki nilai kapitalisasi pasar yang tinggi atau big cap tentu akan jauh lebih menguntungkan untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Menjalankan Strategi Shorting

Hal terakhir yang dapat dilakukan oleh investor kripto saat harganya turun adalah menjalankan strategi shorting (short selling). Short Selling merupakan sebuah strategi yang paling umum dilakukan saat market sedang loyo.

Dimana kamu dapat meminjam sejumlah dana dari bursa crypto lalu menjual aset tersebut dengan harga pasar saat ini. Jadi, jika aset kripto milikmu mengalami penurunan, maka kamu dapat menutup posisi tersebut di kemudian hari.

Lalu setelah itu, kamu dapat membeli kembali aset tersebut dengan harga yang lebih mudah dengan menggunakan selisih diantara keduanya untuk mendapatkan keuntungan.

Bantu Analisis Aset Kripto Pilihanmu di Aplikasi WikiBit

aplikasi wikibit

Salah satu cara penting untuk membuatmu sukses dalam berinvestasi di aset kripto tentu adalah melakukan riset mendalam terhadap segala jenis koin yang akan diinvestasikan. Dimana riset yang tepat dan matang akan membuat keputusan investasi menjadi lebih kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh sentimen orang lain di luar sana.

Kabar baiknya, kini kamu tidak perlu mengumpulkan data riset dengan cara manual lagi karena sudah hadir aplikasi pro kripto bernama WikiBit yang mampu untuk menyediakan berbagai kebutuhan data kripto untuk memperkuat proses risetmu serta memperkukuh keputusanmu dalam investasi suatu aset tertentu.

Data kripto yang disiapkan oleh Aplikasi WikiBit ini juga cukup lengkap yaitu mulai dari reputasi, status regulasi, hingga potensi perkembangan nilai bisa diakses dengan mudah hanya dengan satu langkah saja.

Kini, kamu bisa mendapatkan akses WikiBit dengan mudah hanya dengan mengunduh aplikasi tersebut di appstore ataupun play store di smartphonemu! Yuk analisis potensi asetmu secara praktis dengan aplikasi pro kripto, yaitu WikiBit dimanapun dan kapanpun!

Posting Komentar untuk "Harga Kripto Anjlok? Ini Dia 6 Tips agar Para Investor Tetap Cuan!"