Bagaimana Cara Untuk Klaim Asuransi Kesehatan? Berikut Ulasannya

Asuransi Kesehatan

Masih banyak orang yang belum aware untuk memiliki asuransi kesehatan. Ketidaktahuan serta anggapan bahwa cara klaim asuransi kesehatan rumit merupakan salah satu pertimbangan orang untuk memilikinya. Padahal, cara klaimnya tidak sulit, lho!

Klaim asuransi merupakan permohonan resmi yang dikirim oleh pemegang polis (pihak tertanggung) kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung untuk melaksanakan hak pemegang polis yang sudah diatur dalam polis asuransi.

Contohnya, saat kamu mengalami sakit demam berdarah dan harus dirawat di rumah sakit, kamu bisa mengajukan klaim asuransi kepada perusahaan penyedia asuransi. Pihak asuransi nantinya akan membayarkan biaya rawat inap serta biaya-biaya lainnya yang sesuai dengan manfaat yang tertera pada polis asuransi.

Lantas, bagaimana cara klaim asuransi kesehatan? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini! 

Dokumen yang Dibutuhkan Untuk Klaim Asuransi Kesehatan

Sebelum membahas bagaimana cara klaim asuransi kesehatan, kamu perlu tahu dokumen-dokumen yang harus disiapkan terlebih dahulu. Adapun dokumen-dokumen yang umum disiapkan ialah sebagai berikut: 

  • Formulir pengajuan klaim. Form ini bisa kamu unduh di website perusahaan asuransi atau meminta langsung ke kantor perusahaan tersebut. 
  • Resume medis yang sudah terisi lengkap dan jelas. 
  • Kuitansi asli biaya perawatan. 
  • Perincian biaya dan obat-obatan yang lengkap. 
  • Fotokopi hasil pemeriksaan diagnostik, seperti hasil laboratorium, rontgen dan lain-lain.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan Secara Umum

Setelah menyiapkan dokumen-dokumen di atas, masih ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan sebelum melakukan prosedur klaim asuransi kesehatan. Pertama, pastikan polis asuransi kesehatanmu aktif dengan membayarkan preminya secara rutin.

Kedua, pastikan pula penyakit yang kamu derita dan hendak ajukan klaimnya tidak termasuk dalam pengecualian. Sebab, biasanya pada polis asuransi kesehatan ada beberapa penyakit yang mengalami pengecualian.

Terakhir, hubungi dan beritahu pihak perusahaan jika kamu sedang dirawat. Mereka akan menginformasikan langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Dokumen-dokumen yang sudah kamu siapkan sebelumnya juga akan memudahkan proses klaim ini. Berikut cara klaim asuransi kesehatan yang bisa kamu ikuti: 

  • Kirim formulir klaim asli dan dokumen pendukung secara langsung ke kantor perusahaan asuransi. Atau mengunggahnya secara online melalui website. 
  • Selanjutnya, pihak asuransi akan melakukan pengecekan.
  • Jika dirasa sudah lengkap, maka perusahaan asuransi akan mencairkan dana sesuai manfaat yang didapat. 

Nah, itulah langkah-langkah untuk mengajukan klaim asuransi kesehatan. Jika tertarik untuk memiliki asuransi ini, silakan kunjungi pfimegalife.co.id. Selain asuransi kesehatan, PFI Mega Life juga menyediakan jenis asuransi lain untuk melengkapi proteksi masa depan kamu. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Untuk Klaim Asuransi Kesehatan? Berikut Ulasannya "