Si Kecil Cegukan? Berikut Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Pada bayi baru lahir hingga berusia satu tahun, bayi mengalami cegukan adalah suatu hal yang biasa terjadi. Penyebab bayi cegukan bisa terjadi karena beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain karena si kecil makan terlalu banyak atau terlalu cepat. Hal tersebut menjadi pemicu kontraksi diafragma dan juga penutupan pita suara bayi yang berlangsung dengan cepat.

Bayi juga bisa mengalami cegukan karena terlalu banyak menelan udara dari botol susu ketika menyusui dan adanya perubahan suhu di dalam perut.

Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Bayi Cegukan


Biasanya, cegukan pada bayi hanya berlangsung sebentar dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun, Bunda juga bisa mencoba cara mengatasi cegukan pada bayi sebagai berikut: 

  • Gendonglah bayi dalam posisi tegak selama kurang lebih 20 menit, lalu ayunkan badannya secara perlahan atau mengusap punggungnya dengan lembut. 
  • Bunda usahakan untuk memiringkan botol dengan sudut 45 derajat saat menyusui si kecil. Tujuannya agar udara di dalam botol naik ke bagian bawah botol. 
  • Susui bayi secara perlahan atau sedikit, namun intensitasnya sering. 
  • Saat memberi makan, pangku si kecil dalam posisi yang tegak. Ini dilakukan untuk mencegah atau mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam perut. 
  • Pangku atau gendong bayi dalam posisi tegal selama kurang lebih 20 menit setelah menyusui, agar udara naik ke atas perut dan mengurangi tekanan pada diafragma sehingga si kecil bisa bersendawa.

Jika beberapa cara-cara di atas tidak bisa meredakan cegukan yang dialami bayi, Bunda harus segera membawa si kecil ke dokter anak agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Apalagi jika cegukan yang dialami bayi sudah berlangsung selama beberapa jam dan tidak kunjung hilang.

Itu dia beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi serta mitos yang perlu dihindari. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan si kecil ya, Bunda. Termasuk urusan popok bayi. Disarankan Bunda untuk memilih Popok Merries Premium Tape New Born.

Popok satu ini memiliki tiga lapisan bersirkulasi yang membuat udara bebas mengalir dan membuat kulit si kecil bebas pengap. Dilengkapi pula dengan perekat yang mudah dilepas dan dipasang. Penasaran kelebihan popok Merries Premium Tape lainnya? Langsung cari tahu di laman merries.co.id ya, Bun! Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Bunda, ya!

Posting Komentar untuk "Si Kecil Cegukan? Berikut Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi"